Angin Kencang Berhembus, Nelayan di Pasuruan Memilih Tidak Melaut

PANGGUNGREJO – Cuaca yang kurang bersahabat beberapa hari ini di wilayah Pasuruan membuat sebagian nelayan memilih tidak melaut. Namun, tidak sedikit pula nelayan yang tetap nekat melaut kendati angin bertiup cukup kencang.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Pasuruan, Ihsan Khoiri mengungkapkan sebagian nelayan di Kota Pasuruan memutuskan untuk tidak melaut. Kondisi ini disebabkan cuaca yang kurang bersahabat di perairan Pasuruan.

“Angin bertiup cukup kencang, makanya sebagian nelayan tidak melaut. Tapi tetap ada yang memilih untuk melaut,” ungkapnya.

Ihsan menjelaskan, nelayan yang tidak melaut memanfaatkan waktu mereka untuk berkumpul dengan keluarganya. Karena, saat ini masih dekat dengan momen lebaran, tidak sedikit pula nelayan yang memilih untuk menghabiskan waktu senggang dengan bersilaturahmi.

“Kalau nelayan yang tidak melaut, kebanyakan main atau silaturahmi ke rumah kerabat dekat. Mumpung masih suasana lebaran,”sebut Ihsan.

Untuk nelayan yang tetap melaut itu, menurutnya tidak hanya didominasi oleh kapal kecil saja. Ada pula nelayan dengan kapal besar dan sedang. Mayoritas yang tetap melaut ini dikarenakan upaya untuk mencari penghidupan.

Karena itu, pihaknya berharap agar ada perhatian dari Pemkot terkait masalah ini. misalnya dengan memberikan keterampilan pada keluarga nelayan. Sehingga saat nelayan tidak melaut karena cuaca buruk, mereka tetap memiliki penghasilan.

“Mereka melaut untuk menjaga dapur tetap mengepul. Mudahan ada keterampilan seperti olahan ikan atau sebagainya yang diberikan oleh Pemkot,” terangnya. (riz/fun)