Rehab Terminal Wonorejo Ditarget Rampung Agustus

PASURUAN – Rehab Terminal Parkir Wonorejo terus dikebut. Pemkab Pasuruan menargetkan proyek itu dapat selesai dalam waktu tiga bulan. Mengingat keberadaan terminal tersebut masih terus difungsikan. Terutama bagi kendaraan muatan yang terparkir disana.

Kasi Pengembangan Jaringan dan Sistem Dishub Kabupaten Pasuruan, Yoni Waskito menjelaskan, proyek itu sejatinya telah berjalan sejak pertengahan bulan Mei lalu. Sejumlah fasilitas di dalam terminal itu direhab karena kondisinya yang sudah kurang layak.

Misalnya, atap bangunan pos penjagaan yang dikhawatirkan mengelami kebocoran ketika musim hujan. Karenanya harus diperbaiki. Tak hanya itu, pihaknya juga memperbaiki saluran air di area terminal, agar tak terjadi genangan yang dapat merusak paving. Apalagi, selama ini kendaraan yang parkir di terminal kebanyakan kendaraan dengan tonase berat.

“Selain itu, juga perbaikan fasilitas lainnya seperti musalla dan toilet,” jelas Yoni. Kemudian, pihaknya juga melakukan penataan pedagang yang berada di kawasan terminal. Tahun ini, sedikitnya ada empat kios yang dibangun untuk menambah fasilitas terminal. Letaknya di sisi belakang area terminal.

“Target kami, pekerjaannya dapat diselesaikan dalam waktu tiga bulan. Sejak Mei lalu, hanya dihentikan sementara selama libur Lebaran kemarin. Sekarang sudah dilanjutkan,” katanya.

Diharapkan, sekitar bulan Agustus mendatang proyek itu sudah rampung. Sehingga terminal dapat kembali beroperasi dengan normal. “Selama ini memang tidak ada kendala akibat pekerjaan. Karena ini juga untuk pembenahaan kawasan terminal juga,” ungkapnya. Yoni menyebut, proyek itu dibiayai menggunakan APBD Kabupaten Pasuruan. Nilainya sekitar Rp 190 juta. (tom/fun)