Masuk Kemarau, BPBD Imbau Antisipasi Bahaya Kebakaran

PURWOREJO – Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan meminta masyarakat Kota Pasuruan untuk mewaspadai bencana kebakaran. Pasalnya, Juni ini sudah masuk musim kemarau.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana pada BPBD Kota Pasuruan, Catur Aldoko mengungkapkan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Juni sudah memasuki musim kemarau. Masyarakat diminta tetap mewaspadai benda-benda yang mudah terbakar seperti penumpukan kertas atau plastik maupun bahan yang mudah terbakar. Termasuk membuang benda yang terbakar ke ilalang.

“Cuaca kering dengan disertai angin, kebakaran sangat rawan terjadi. Karena itu, masyarakat harus selalu waspada,” ungkapnya.

Catur menjelaskan kebakaran juga disebabkan karena human error seperti lupa mematikan listrik saat hendak bepergian dan rumah dalam keadaan kosong.

Karena itu, pihaknya meminta agar masyarakat Kota Pasuruan untuk selalu mengecek kondisi kabel atau instalasi listrik di rumah atau tempat kerja. Seperti apakah perlu diperbaiki atau tidak dan apakah perlu diganti atau tidak.

BPBD tetap menyiagakan petugas pemadam kebakaran (damkar) selama 24 jam dengan pembagian tiga kali shift. Sehingga, diharapkan masyarakat setempat untuk selalu aktif menghubungi unit damkar jika bencana terjadi. “Kami siap 24 jam. Jadi kapanpun ada bencana, masyarakat bisa segera menghubungi kami agar segera ada penanganan,” sebut Catur. (riz/fun)