Bupati Pasuruan Sebut Mutasi Bisa Digelar Bulan Depan

PASURUAN – Janji Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan untuk segera melakukan perombakan jabatan di tubuh Aparatur Sipil Negara (ASN) bakal dilakukan dalam waktu dekat. Bupati Pasuruan mengatakan bakal melakukan mutasi di tubuh ASN Kabupaten Pasuruan Agustus mendatang.

Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan mengatakan, saat ini dia sudah bisa melakukan mutasi. Sebab usai dilantik untuk menjadi bupati di periode kedua pada September 2018 lalu, artinya sudah enam bulan berlalu. Bupati pun sudah bisa melakukan mutasi terhadap pejabat di Pemkab Pasuruan.

“Kami sudah beberapa kali melakukan rapat Baperjakat, termasuk menginventarisir dimana kebutuhan pejabat-pejabat yang kosong, terutama di eselon 3A,” terangnya.

Selain pejabat eselon dua atau kepala dinas banyak yang pensiun, di tingkat Kepala bidang dan kepala seksi juga banyak yang kosong lantaran purna tugas. Sehingga sangat penting untuk mengisi jabatan-jabatan struktural yang kosong.

Langkah Pemkab Pasuruan diutamakan untuk melakukan mutasi terlebih dahulu di tubuh Pemkab Pasuruan. Bupati Pasuruan mengatakan untuk pergantian jabatan akan melaporkan ke Komite Aparatur Sipil Negara (KSN) dan jika sudah ada kewenangan, maka akan langsung dilakukan mutasi.

“Bulan depan target sudah ke KSN, dan kalau kewenangan sudah ada, kami bisa segera lakukan mutasi,” terangnya.

Irsyad mengatakan memilih melakukan mutasi terlebih dahulu, baru diinventarisir kebutuhan OPD yang dibutuhkan. Untuk selanjutnya dilakukan lelang di tingkat eselon dua.

“Untuk mutasi sampai lelang, saya harus berkoordinasi dengan tim seleksi. Tujuannya untuk melihat kapasitas dan kapabilitas agar yang mengisi bisa sesuai dengan jabatan sehingga bisa bekerja maksimal sesuai visi misi,” ujarnya. (eka/fun)