Stok Darah Menipis, Hanya Layani Permintaan di Pasuruan

BANGIL – Usai libur Lebaran, stok darah di Kabupaten Pasuruan menipis. Saat ini stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) setempat hanya tersedia 160 kantong darah.

Pasokan darah itu dinilai hanya cukup untuk sepekan mendatang. “Selama Ramadan dan Lebaran kemarin, Alhamdullilah stok kantong darah mencukupi untuk kebutuhan rumah sakit dan puskesmas. Saat ini tersisa 160 kantong dan dipastikan cukup sampai seminggu ke depan,” terang Sony Sumarsono, humas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan.

Sony mengatakan, selama Ramadan dan Lebaran memang ada tren penurunan kegiatan donor darah di masyarakat. Pasokan darah sendiri terdongkrak dengan adanya program jemput bola kegiatan donor darah di Alun-Alun Bangil pada akhir pekan Ramadan lalu. Sampai akhir Ramadan, tercatat ada stok 450 kantong darah. Nah, usai libur Lebaran, tersisa 160 kantong.

Dari Lebaran kemarin, PMI Kabupaten Pasuruan memang hanya mensuplai permintaan kantong darah dari Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan. “Sementara ini sampai seminggu ke depan kami masih belum berani kirim ke luar daerah. Jadi, pasokan masih untuk Kabupaten Pasuruan sendiri,” terangnya.

PMI sendiri mulai tanggal 13 sampai akhir Juni sudah mulai menggelar penjadwalan donor darah ke sejumlah instansi. “Diharapkan stok akan mulai normal kembali,” harapnya. (eka/mie)