Proyek Rehab Jalan di Gending Dilanjut, Bakal Relokasi Makam

TERUS DIPROSES: Sebuah truk melintas di Jalur Pantura, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Makam di sisi kanan jalan ini akan direlokasi karena terdampak proyek. (Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GENDING – Setelah sempat libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, pengerjaan rekonstruksi Jalur Pantura di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, kembali dilanjutkan. Pejabat Pembuat Komitmen juga menyiapkan tim khusus untuk proses relokasi makam di Desa/ Kecamatan Gending.

Harapannya, adanya pemakaman umum ini tak sampai menghentikan pengerjaan rekonstruksi titik jalan lainnya. PPK Jalan Nasional Wilayah Probolinggo-Situbondo Andhika Tommy Ardiansyah mengatakan, sesuai aturan, pengerjaan proyek jalan bisa dilakukan setelah H+10 Lebaran. Direncanakan, hari ini (15/5) pelebaran jalan sepanjang 7,1 kilometer itu akan dilanjutkan.

“Sesuai aturan, H+10 sudah bisa mulai kerjakan proyek rekonstruksi Jalan Raya Gending itu. Rencana besok (15/6, red), pekerja sudah kembali bekerja. Mungkin hari pertama pekerjaan bersih-bersih dan persiapannya,” katanya kepada Jawa Pos Radar Bromo, Jumat (14/6).

Tommy menjelaskan, pengerjaan proyek rekonstruksi ini sudah diratakan sesuai rencana dan target. Total jalan yang sudah dilebarkan dan ditinggikan mencapai 3,5 kilometer atau separo dari rencana total yang mencapai 7,1 kilometer. “Sudah setengah yang sudah selesai dikerjakan mulai dari pelebaran dan ditinggikan,” ujarnya.

Soal makam umum di depan pabrik PT Sasa Inti, Tommy mengatakan, keberadaan makam itu tidak menjadi hambatan yang menghentikan proyek. Sebab, pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk pengurus pemindahannya. Masyarakat dan ahli waris juga sudah bersedia makam ini direlokasi. “Jadi pengerjaan rekonstruksi lainnya tetap berjalan,” ujarnya.

Tommy mengaku optimistis rekonstruksi Jalan Raya Gending sepanjang 7,1 kilometer ini akan tuntas sesuai target. Yaitu, sebelum akhir tahun anggaran 2019. “Kami tetap targetkan sebelum tutup tahun sudah selesai semua pengerjaannya,” ujarnya. (mas/rud)