Hore… Tahun Ini Tambah Dermaga Apung di Ranu Grati

BAKAL BERTAMBAH: Dermaga apung yang sudah ada di Ranu Grati saat ini. Rencananya, tahun ini bakal dibangun dermaga apung anyar di sisi utara dengan anggaran Rp 650 juta dari DAK. (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

Related Post

GRATI – Tahun ini pemerintah pusat mengucuri anggaran untuk peningkatan sarana dan prasarana wisata sekitar Bromo. Nah, Ranu Grati termasuk salah satu wisata yang kecipratan anggaran tersebut.

Rencananya, anggaran itu bakal dimanfaatkan untuk menambah dermaga apung di kawasan setempat. “Rencananya, pembangunan dermaga apung baru nanti di sisi utara danau,” terang Budi Shoreanto, kabid Industri Pariwisata pada Disbudpat setempat.

Budi menyebutkan, kucuran anggaran dari pusat itu diperuntukkan 10 destinasi unggulan di sekitar Bromo. Nah, Ranu Grati termasuk salah satu di antaranya.

Ranu Grati sendiri disebutkan bakal mendapatkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 650 juta. Anggaran itu dinilai mencukupi untuk pembangunan dermaga apung anyar.

Dermaga apung baru itu nantinya akan ditempatkan di sisi danau yang menempel ke daratan. Nantinya dermaga apung ini bisa sebagai tempat tambatan perahu, maupun tempat untuk turun pengunjung dan juga sebagai tempat swafoto. “Termasuk khususnya buat pemancing yang lumayan banyak peminatnya bagi pengunjung Ranu Grati,” terang Budi.

Rencananya, panjang dermaga apung ini mencapai 12 kali 8 meter. Untuk saat ini dikatakan masih tahap perencanaan. Proyek itu mulai dilelang Juni ini. “Jika lancar, maka Juli sudah ada pengerjaan. Target pengerjaan kurang lebih 3 bulan,” terangnya.

Dikatakan, dengan tambahan fasilitas ini bisa lebih meningkatkan retribusi pengunjung di Danau Ranu Grati. Tahun ini, Disbudpar menargetkan bisa meraih Rp 30 juta. Target yang sama dengan tahun lalu. Sepanjang 2018 lalu sendiri, PAD dari Ranu Grati mencapai Rp 30,147 juta. (eka/mie)