Belanja, HP Ketinggalan lalu Diambil Orang di Pasar Gotong Royong

MAYANGAN – Nahas menimpa seorang janda asal Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, berinisial YT, 40. Karena teledor, handphone (HP)nya diambil orang. HP anyar itu tertinggal ketika berbelanja pakaian di Toko Omah Daleman di Pasar Gotong Royong, Kota Probolinggo.

Kabar ini sempat viral di media sosial. Hilangnya HP korban pada Kamis (13/6), sekitar pukul 10.32, ini juga terekam closed circuit television (CCTV). Pemilik Toko Omah Daleman Rofandi membenarkan kejadian itu. Menurutnya, mulanya banyak pelanggan ke tokonya. Salah satunya korban yang merupakan pelanggan tetap.

Menurutnya, saat itu korban menaruh HP di bawah helmnya. Kemudian, dia memilih pakaian yang dibutuhkan. Namun, tidak menemukan apa yang dicari. Sehingga, memutuskan meninggalkan toko. Saat itulah, korban hanya mengambil helmnya yang ditaruh di lantai toko. Sedangkan, HP-nya tidak dibawa.

Saat itu, di samping korban ada perempuan yang juga sedang memilah pakaian. Melihat ada HP korban tertinggal, terduga langsung “mengamankannya.” “Korban merupakan pelanggan tetap saya. Kalau yang memgambil, saya tidak kenal. Dari rekaman CCTV toko, yang mengambil itu pura-pura menaruh pakaian yang dipilih tepat di atas HP korban. Selanjutnya, HP itu langsung diambil dan pergi meninggalkan toko,” ujar Rofandi.

Menurutnya, korban juga keliru dan teledor. Namun, perempuan yang mengetahui HP korban itu seharusnya mengembalikannya. “Ini bukan di area jalan, tapi di kawasan toko. Seharusnya kalau ada niatan baik, penemu ini memberikan ke toko. Jika pemiliknya datang ke toko, kami langsung berikan seperti kasus yang sudah-sudah,” ujarnya.

Menurut Rofandi, korban telah lama menjanda. HP itu baru dibeli lantaran untuk keperluan pendaftaran anaknya. Sebab, saat ini pendaftaran sekolah menggunakan sistem online. “Kalau begini, kan kasihan juga,” ujarnya. (rpd/rud)