Ambles dan Jalan Bergelombang, Simpang Tiga Blandongan akan Dibeton

PASURUAN – Kondisi simpang tiga Blandongan, Jalan KH Hasyim Asy’ari, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan saat ini sungguh memprihatinkan. Ruas jalannya bergelombang dan tak nyaman dilewati.

Kondisi itu pun mendapat perhatian dari Pemprov Jatim. Rencananya ruas jalan yang jadi akses menuju terminal Blandongan itu bakal direkonstruksi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII wilayah Gempol-Pasuruan-Probolinggo Rudy Napitupulu menyebut, pihaknya berencana memperbaiki jalan simpang tiga Blandongan yang berada di sisi timur Terminal Blandongan. Panjang jalan yang akan diperbaiki sekitar 100 meter. Sementara yang diperbaiki yaitu sisi timur saja.

Perbaikan dilakukan dengan cara mengganti aspal lama dengan lapisan baru berupa beton. Tujuannya, agar ruas jalan lebih kuat dan tahan lama. Sebab, jalur tersebut kerap dilewati kendaraan bertonase besar.

“Perbaikan dilakukan dengan sistem long segment dan masuk paket pengerjaan jalan dari wilayah Gempol, Kabupaten Pasuruan sampai Kota Probolinggo. Anggarannya senilai Rp 25 miliar,” tuturnya.

Namun, perbaikannya masih menunggu tim survei di lapangan. Mana yang lebih mendesak, itu yang akan diperbaiki lebih dulu.

Rudy menjelaskan, perbaikan ini bukannya tanpa alasan. Menurutnya, ruas jalan di simpang tiga Blandongan saat ini rusak dan bergelombang. Di sisi lain, ini merupakan jalur utama bagi bus jurusan Probolinggo-Surabaya dan Probolinggo-Malang. Sehingga, jika tidak diperbaiki dapat membahayakan pengendara.

“Landasannya sudah ambles. Padahal bus yang hendak masuk terminal harus melewati jalur ini. Begitu pula kendaraan yang hendak ke Malang, pasti melalui Jalur Lingkar Selatan (JLS). Artinya, harus melewati jalur ini pula,” terang pria asal Medan ini. (riz/hn)