Segini Jumlah Calon Jamaah Haji Kab Probolinggo Berangkat Tahun Ini

TAHUN LALU: Suasana pemberangkatan CJH di Kabupaten Probolinggo di miniatur Kakbah di Gending di tahun 2018 lalu. Di tahun 2019, ada 905 CJH yang akan diberangkatkan.(Foto dok Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

DRINGU – Kementarian agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo memastikan 905 calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Probolinggo. Kuota tambahan tahap 3, Kabupaten Probolinggo hanya mendapatkan 7 CJH. Mereka sudah melunasi semua dan masuk daftar CJH yang berangkat tahun ini.

”Kuota tambahan 10 ribu adalah skala nasional. Untuk Kabupaten Probolinggo hanya dapat tambahan kuota 7 orang,” kata Kepala kemenag Kabupaten Probolinggo, Santoso melalui Kasi Haji dan Umroh, Taufiq.

Saat dikonfirmasi, Taufiq mengatakan, CJH yang dapat dipastikan penuhi syarat berangkat tahun ini banyaknya ada 905. Itu sudah termasuk CJH mutasi masuk sebanyak 20 orang. Sekaligus, dikurangi CJH yang mutasi keluar sebanyak 10 orang.

”Untuk calon jamaah haji yang ajukan mutasi masuk ada 20 orang dan mutasi keluar 10 orang. Jadi, total calon jamaah haji yang berangkat lewat Kabupaten Probolinggo ada 905 orang,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Taufiq menjelaskan, calon jamaah tahap pertama, hanya ada 933 orang yang melunasi BPIH. Kemudian, ditambah kuota tambahan tahap dua, dan tahap tiga. Terakhir adanya CJH mutasi keluar masuk. ”Harusnya 909 calon jamaah yang berangkat tahun ini. tapi, ternyata 4 calon jamaah haji meninggal dunia,” katanya. (mas/fun)