Perhatian! Tol Paspro Masih Gratis, Tarif Resmi Tunggu Penetapan Kementerian

LECES – Kabar baik bagi masyarakat pengguna jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro). Setelah H+7 hari raya Idul Fitri, jalan tol Paspro masih tidak dikenakan tarif alias gratis. Pasalnya, hingga sat ini SK Penetapan tarif tol Paspro masih dalam proses di Kementerian PU.

Sehingga, pihak PT. Trans Jawa Tol Paspro pun tidak dapat melakukan penarikan tariff tol. Hal itu disampaikan Dwi Pratikto selaku Direktur Utam (Dirut) PT Trans Jawa Tol Paspro. Saat dikonfirmasi, Dwi mengatakan, hingga saat ini pengguna jalan tol Paspro masih tidak dikenakan tarif. Pihaknya, masih tengah mengurus penetapan tarif tol Paspro di Kementerian PU.

”Untuk tarif tol Paspro, belum ditetapkan. Sekarang kami masih urus ke pak Menteri PU,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Dwi menjelaskan, tarif tol itu ditetapkan menteri PU. Dimana, melalui SK dari menteri PU itu, tarif tol mulai diberlakukan. Di SK itu disebutkan nilai tarif dan waktu pemberlakuannya. Sehingga, selama belum ada SK dari Kementerian PU, PT Trans Jawa Tol Paspro tidak bisa menarik tarif tol.

”Kami sudah ajukan ke Kementerian PU. Tinggal menunggu SK Penetapan tarif tol Paspro dari kementerian PU. Biasanya, di SK itu juga dijelaskan tol Paspro mulai dikenakan tariff mulai kapan dan nilainnya,” ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, jalan tol Paspro sudah diresmikian langsung oleh Presiden RI Jokowi. Sehari pasca peresmian itu, tol Paspro langsung dibuka dan difungsikan. Sesuai intruksi Presiden RI pun, tol Paspro difungsikan dan gratis untuk sementara. Termasuk saat arus mudik-balik hari raya idul fitri, pengemudi yang melintas tidak dikenakan tariff tiket tol. (mas/fun)