Perbaikan Jalur Pandaan-Beji, Dianggarkan dari DAK Rp 11 Miliar

MASIH RUSAK: Sejumlah pengendara melintas di jalur Pandaan-Beji, Kabupaten Pasuruan. Ruas jalan ini akan diperbaiki dengan anggaran Rp 11 miliar. (Foto: Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo )

Related Post

PANDAAN- Jalur Gununggangsir, Kecamatan Beji ke arah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, sejauh ini masih banyak yang rusak. Kini, Pemkab Pasuruan akan berusaha memperbaikinya. Salah satunya dianggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat Rp 11 miliar.

Dari pantauan radarbromo.jawapos.com, kerusakan jalur menuju Kecamatan Pandaan via Desa Gunungganggsir, cukup terasa. Kerusakan terlihat mulai Desa Gunungganggsir, Kecamatan Beji menuju Desa Randupitu, Kecamatan Pandaan. Kerusakan jalan tersebar di sejumlah titik. Kondisi jalan yang berlubang dan tidak rata, membuat pengendara tidak nyaman.

Salah seorang warga Desa Randupitu, Kecamatan Pandaan, Khoiron, 60, mengatakan, jalan di Kecamatan Beji ke arah Kecamatan Pandaan sudah lama rusak. Rusaknya jalan itu karena banyak kendaraan besar seperti truk yang rutin lewat di jalur tersebut. “Karena kendaraan-kendaraan besar banyak yang lewat di sini. Tapi, sudah cukup lama tidak diperbaiki, sehingga makin rusak,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hari Apriyanto meemastikan, Jalur Gununggangsir ke arah Kecamatan Pandaan akan diperbaiki tahun ini. Ada jalan sepanjang sekitar 5-6 kilometer yang diperbaiki dengan anggaran Rp 11 miliar. “Proses lelang memang agak mundur karena ada aturan baru terkait SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Setelah kami dapat SMK3, bulan Mei-Juni baru kami lelang,” ujarnya.

Hari mengatakan, jika lelang berjalan lancar, diperkirakan perbaikannya bisa digarap dalam bulan ini. Ia mengamini, jika jalur Beji-Pandaan memang merupakan jalur yang cukup ramai. Termasuk kendaraan besar karena di sekitarnya banyak perusahaan. Perbaikannya diharapkan rampung dalam empat bulan. Sehingga, pada akhir tahun sudah bisa dinikmati. (eka/fun)