Mulai Juni Pencairan BPNT Lebih Cepat Dibanding Sebelumnya

BPNT: Antrean salah satu agen BPNT di Kelurahan Gratitunon, Grati. Bulan ini penerima BPNT bisa memanfaatkan dana lebih cepat mulai tanggal 10 Juni. (Dok. Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Mulai Juni ini, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa menerima dana Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) lebih cepat. Sebelumnya, biasanya ditransfer mulai tanggal 25 tiap bulannya. Nah, bulan Juni ini dipercepat mulai 10 Juni.

Kepastian itu diungkapkan oleh Gunawan Wicaksono, Plt kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan. ia mengatakan, kebijakan ini adalah hasil koordinasi dari Kementerian Sosial (Kemensos) dengan bank-bank penyalur bantuan pemerintah. “Diputuskan mulai bulan Juni ini ada percepatan penyaluran dana menjadi tanggal 10 setiap bulannya,” terangnya.

Gunawan mengatakan, pemberian dana lebih awal ini sejatinya lebih bagus. Sebab, dikasih di awal bulan. Sehingga, bisa untuk kebutuhan masyarakat lebih awal.

Tercatat sampai saat ini, jumlah penerima bantuan BPNT mencapai 109.031 KPM. Tiap KPM sudah memiliki kartu BPNT yang bisa ditukarkan ke Agen BPNT terdekat.

Setiap bulan, KPM menerima Rp 110 ribu yang bisa ditukarkan dengan beras atau telur, sesuai kebutuhan penerima.

“Untuk dana yang tersisa atau tidak diambil setiap bulannya tidak akan hangus, tapi langsung terakumulasi. Termasuk yang kemarin tanggal 25 Mei sudah dapat, sehingga awal Juni ini tanggal 10 juga tertambah otomatis sesuai bulannya,” terangnya. (eka/mie)