Lebaran Kali Ini Baznaz Kab Pasuruan Salurkan Rp 315 Juta

BANGIL – Selama Ramadan dan Lebaran lalu, penerimaan Zakat Fitrah di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasuruan mencapai Rp 315 juta. Jumlah ini tidak memenuhi target yang ditentukan sebesar Rp 341 juta.

Imam Istijab, pelaksana bagian perencanaan Baznas Kabupaten Pasuruan mengatakan, dari realisasi penerimaan zakat fitrah, secara nominal memang tidak sampai target yang ditetapkan awal Ramadan lalu.

“Memang lebih sedikit dari target yang kami tentukan Rp 341 juta. Sampai akhir Ramadan hanya tercapai Rp 315 juta,” terangnya.

Menurutnya, tak mencapai targetnya zakat fitrah itu disebabkan sejumlah faktor. Selain banyak aparatur sipil negara (ASN) yang pensiun, juga banyak ASN di SMA/SMK yang pindah ke provinsi. Sehingga, tak semuanya menyerahkan zakatnya ke Baznas.

“Mungkin dikoordinasi sendiri (zakat untuk PNS yang dinas di SMA/ SMK). Termasuk tahun ini dari umum juga tidak ada yang menyalurkan zakat fitrah ke Baznas, sehingga murni dari ASN saja,” terangnya.

“Selain zakat fitrah, selama Ramadan kemarin juga ada sedekah dan infak sebesar Rp 1,5 juta. Untuk dana tersebut, kami kumpulkan dan diberikan ke kaum duafa pada akumulasi sampai bulan Juli mendatang,” imbuhnya. (eka/mie)