KPU Kota Probolinggo Siapkan Bukti Gugatan ke MK

MAYANGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo memastikan telah mempersiapkan dokumen untuk bukti gugatan Pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dokumen ini diminta KPU RI kepada semua KPU kota/kabupaten se-Indonesia.

“Sabtu lalu (8/6) kami telah membuka kotak suara Pilpres. Pembukaan kotak suara ini untuk memenuhi instruksi KPU RI terkait bukti-bukti gugatan Pilpres ke MK,” ujar Komisioner KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri, Rabu (12/6). Proses pengumpulan dokumen Pilpres ini dilakukan dengan pengawasan dari pihak kepolisian.

Dokumen yang dikumpulkan, di antaranya berita acara DPTHP3, formulir rekapitulasi Pilpres di tingkat kota, kecamatan (PPK), dan tingkat kelurahan (PPS). Serta, daftar hadir saat proses rekapitulasi penghitungan suara Pilpres. Dokumen ini digandakan dan kemudian dikirimkan ke KPU RI. “Pengiriman dokumen ini ke KPU RI dilakukan melalui KPU Provinsi Jatim,” ujarnya.

Pengiriman dokumen Pilpres ini tidak dilakukan hanya untuk daerah yang menjadi sampel gugatan Pilpres. Namun, dilakukan serentak di semua kabupaten/kota se-Indonesia. “Saat ini belum tahu daerah mana saja yang mendapat gugatan Pilpres. Tapi, KPU RI telah mempersiapkan semua dokumen. Jika sewaktu-waktu ada daerah yang mendapatkan gugatan, langsung bukti diambilkan dari dokumen yang ada,” jelasnya. (put/rud)