Antisipasi Abrasi, Pemprov Jatim Bangun Sabuk Pantai di Lekok

LEKOK – Kawasan pesisir Lekok kerap diterjang ombak tinggi, hingga memicu abrasi. Kondisi itu pun mendapat perhatian Pemprov Jatim.

Rencananya, pemprov bakal membangun sabuk pantai di Desa Tambaklekok, Kecamatan Lekok. Proses pembangunannya ditarget bisa dilakukan mulai Juni ini.

Alamsyah Supriadi, kepala Bidang Kenelayanan Dinas Perikanan mengatakan, urusan kelautan sudah menjadi ranah provinsi. Lantaran itu, Pemprov bakal membangun sabuk pantai di pesisir laut.

“Termasuk di Kabupaten Pasuruan ini. Pertama kalinya dibangun di Lekok. Memang cukup sering terjadi ombak tinggi di pesisir pantai sana (Lekok),” terangnya.

Sebelum di Lekok, Pemprov telah membangun sabuk pantai di Tuban. Rencananya, pengerjaannya membentang sekitar 800 meter dengan jarak dari bibir pantai sejauh kurang lebih 1,5 kilometer.

Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan sendiri kurang mengetahui detail anggaran dan bahan baku untuk proyek sabuk pantai di Lekok. Slamet Nurhandoyo, kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan mengatakan, bahwa dengan pembangunan sabuk pantai di Lekok ini harapannya bisa mengurangi abrasi yang terjadi di pesisir pantai.

“Jadi, sabuk pantai ini bisa menghambat ombak yang melaju ke daratan. Kendati begitu, aktivitas melaut tidak akan terganggu karena tetap akan ada sela-sela sabuk pantai yang bisa dilewati perahu nelayan,” harapnya. (eka/mie)