Tol Malang-Pandaan Masih Sisakan Tukar Guling di 6 Desa

SUKOREJO – Proses tukar guling 48 bidang lahan tanah kas desa (TKD) yang terkena imbas pembangunan jalan tol Malang – Pandaan (Mapan) di Kabupaten Pasuruan, terus berlangsung. Namun, sejauh ini proses tukar guling baru tuntas dilakukan di tiga desa dari sembilan desa yang kena imbas.

Chusnul Anam dari PPK Kementerian PUPR saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo menegaskan, baru tiga desa yang sudah menyelesaikan proses tukar guling lahan TKD yang terimbas jalan tol.                “Setelah Desa Karangsono dan Tejowangi, menyusul Desa Pakukerto. Proses tukar guling lahan TKD di tiga desa ini sudah tuntas. Saat ini enam desa sisanya masih dalam proses,” katanya.

Yaitu, Desa Mojotengah, Suwayuwo, dan Lemahbang, Kecamatan Sukorejo. Kemudian, Desa Sumbersuko dan Sekarmojo, Kecamatan Purwosari. Lalu, Desa Parerejo, Kecamatan Purwodadi.

Menurutnya, proses tukar guling ini memang tidak bisa langsung selesai dilakukan. Di Desa Mojotengah misalnya, saat ini proses menunggu tanah pengganti. Sedangkan di Desa Lemahbang, Suwayuwo, dan Parerejo, masih mencari tanah pengganti untuk tambahan.

Dikatakan Chusnul Anam, saat ini sudah ada tanah pengganti untuk lahan TKD di tiga desa itu. Namun, luasnya masih kurang. Lalu, untuk Desa Sumbersuko, saat ini proses pengukuran tanah pengganti.

“Jadi, proses tukar guling lahan TKD di enam desa memang masih berlangsung. Ditargetkan akhir tahun ini selambat-lambatnya semua harus sudah selesai,” bebernya.

Dalam proses tukar guling lahan TKD dengan tol Mapan, ia katakan, instansinya tidak sendirian. Namun, melibatkan pemerintahan desa, kecamatan, OPD terkait di Pemkab Pasuruan, juga BPN Kabupaten Pasuruan.

“Cepat atau tidaknya proses tukar guling di tiap desa tak sama. Karena banyak tahapan yang harus dilalui. Termasuk izin kepala daerah dan rekom Gubernur Jatim. Mudah-mudahan sisa yang belum di enam desa segera selesai secepatnya,” kata Chusnul.

Sebagai informasi, ada 48 bidang lahan TKD yang terkena imbas pembangunan ruas jalan tol Malang – Pandaan (Mapan) di Kabupaten Pasuruan. Jumlah itu tersebar di sembilan desa yang ada di tiga kecamatan.

Lahan TKD ini harus ditukar guling atau diganti dengan bidang lainnya. Sebab, lahan yang ada saat ini dipakai untuk membangun ruas jalan tol Mapan. (zal/fun)