Mandek saat Lebaran, Perbaikan Jalan di Gempol Bakal Dilanjutkan

GEMPOL – Proyek peningkatan ruas jalan nasional jurusan Surabaya–Malang di wilayah Kecamatan Gempol libur dua pekan selama Lebaran. Nah, dalam waktu dekat ini, pengerjaan fisiknya bakal kembali dilakukan.

“Libur Lebaran sudah selesai. Peningkatan jalan nasionalnya pastinya dilanjut kembali untuk wilayah Gempol. Kami agendakan mulai pekan depan,” jelas Daniel Richard, kaur tata usaha BBPJN VIII Surabaya.

Sejauh ini, peningkatan jalannya baru tuntas sekitar 3 kilometer dari Kepulungan hingga Apollo, Gempol. Dengan begitu, tersisa sekitar lima kilometer yang belum direhab. Tepatnya dari Apollo hingga ke Arteri di Kejapanan.

Perbaikannya sendiri, disebutkan tidak dipukul rata. Hanya dilakukan di lokasi paling parah kerusakannya. Baik di jalan berlubang, retak, hingga bergelombang.

Perbaikan itu dilakukan di dua jalur sekaligus. Yakni, dari arah Surabaya ke Malang dan sebaliknya. “Badan jalannya yang rusak digali dulu, kemudian diuruk cor. Lanjut di-hotmix hingga dua kali leveling,” tuturnya.

Diketahui, anggaran peningkatan jalan nasional itu menelan Rp 15 miliar dari APBN. Proyek itu harus tuntas di akhir tahun ini. “Pekerjaan fisiknya dikerjakan simultan di malam hari,” jelas Richard. (zal/mie)