Kepala DPKA Pensiun, Posisinya Dijabat Plt

PANGGUNGREJO – Jumlah pejabat eselon dua yang dijabat oleh pelaksana tugas (Plt) semakin bertambah. Itu setelah posisi kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKA), yaitu Boedi Widayat memasuki masa purna tugas.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pasuruan, Muhammad Faqih mengungkapkan, Boedi Widayat pensiun pada 1 Juni. Sehingga, posisinya sebagai kepala DPKA diisi oleh sekretaris DPKA, yaitu Muhammad Amin sebagai pelaksana tugas (Plt).

“Betul. Boedi Widayat sudah pensiun. Untuk sementara posisi kepala DPKA yang kosong diisi oleh Plt yaitu sekretarisnya sampai ada pejabat definitif,” ungkapnya.

Faqih menjelaskan dengan pensiunnya Boedi Widayat sebagai kepala DPKA, maka saat ini ada 10 posisi eselon dua yang diisi oleh Plt. Yaitu, DPKA, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), dinas pendidikan dan kebudayaan (P dan K) dan kepala Ispektorat.

Kemudian, Dinas Kesehatan (Dinkes) daN Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo). Lalu, Dinas Perikanan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB) dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Kendati bersifat sementara, menurut Faqih, Plt ini memiliki kewenangan seperti kepala dinas. Mereka diperbolehkan mengambil kebijakan dan memiliki tanggung jawab penuh pada program di organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpinnya.

“Mereka boleh mengambil kebijakan jika memang diperlukan. Kapan adanya pejabat definitif itu kebijakan dari wawali yang menentukan,”sebut Fakih.

Boedi-sapaan akrabnya membenarkan jika dirinya pensiun sejak awal Juni lalu. Ia berterima kasih pada siapapun yang telah mendukungnya selama ini. Dirinya mengaku banyak suka yang dialaminya selama mengabdikan diri sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pasuruan.

“Terima kasih pada teman yang telah membantu saya selama mengabdi sebagai ASN, termasuk rekan media dan masyarakat. Semoga Kota Pasuruan semakin maju dan jaya,” terangnya. (riz/fun)