Informasi Penerimaan Tenaga PPPK Masih Global

MAYANGAN – Selain pengumuman penerimaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) juga mengumumkan penerimaan tenaga Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun, pengumuman ini sifatnya masih global untuk nasional.

“Memang untuk PPPK secara nasional sudah diumumkan Kemenpan-RB. Tapi, di daerah belum ada informasi tertulis kapan dilakukan tes untuk PPPK. Mungkin bulan September. Yang diumumkan itu sifatnya global,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo Rachmadeta Antariksa.

Berbeda dengan CPNS, untuk perekrutan tenaga PPPK ini ditujukan untuk tenaga fungsional. Seperti tenaga perawat dan guru. “Kami juga akan mengajukan jika sudah ada pengumuman resmi. Nanti kuota PPPK untuk Kota Probolinggo, Kemenpan-RB yang menentukan,” ujarnya.

Namun, Deta belum memastikan berapa lowongan tenaga fungsional yang akan diajukan ke Kemenpan-RB untuk posisi PPPK. Kota Probolinggo, telah satu kali mengadakan rekrutmen PPPK pada Februari 2019. Saat itu, mendapatkan kuota 25 PPPK. Dengan rincian 21 tenaga honorer K2 dan 4 tenaga penyuluh pertanian. (put/rud)