CJH Kab Pasuruan Dibagi 4 Kloter, Ini Jadwal Keberangkatannya

BANGIL – Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Pasuruan dipastikan masuk gelombang pertama pemberangkatan haji tahun 2019 ini. Lantaran jumlahnya lebih banyak dibandingkan tahun lalu, maka tahun ini CJH Kabupaten Pasuruan dibagi menjadi 4 kloter.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, CJH Kabupaten Pasuruan dibagi dalam 3 kloter. “Kalau kloter utama tetap 3 kloter yaitu di kloter 22, 23, dan 24. Namun, ada kloter susulan yaitu di kloter 72 yang digabung dengan CJH Kota Pasuruan,” terang Imron Muhadi, kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan.

Untuk kloter 22, 23, sampai 24 jumlahnya semua mencapai 445 CJH. Sedangkan CJH tambahan masuk dalam kloter 72, hanya berjumlah 46 CJH.

Untuk kloter 22 dari Pasuruan dijadwalkan berangkat tanggal 14 Juli mendatang. Sementara pemberangkatan dari Bandara Juanda pada 15 Juli.

Sedangkan untuk kloter 23 dan 24, pemberangkatan dari Pasuruan pada 15 Juli. Sementara bertolak ke Arab Saudi pada 16 Juli.

Yang terpaut cukup jauh adalah kloter 72. CJH dari kloter 72 ini baru berangkat pada 30 Juli dari Pasuruan. Mereka bertolak ke Arab Saudi pada 31 Juli.

“Dari Pasuruan, CJH menginap sehari di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya untuk persiapan administrasi seperti paspor, gelang identitas, termasuk pemberian living cost sebesar 1500 rial,” terang Imron.

Dalam kurang lebih sebulan ini, CJH akan mengikuti manasik masal. Rencananya digelar 2 kali di Kabupaten Pasuruan dan 6 kali di kecamatan.

Untuk manasik masal se-Kabupaten Pasuruan akan dilaksanakan di Sentra Bordir, Bangil pada 15 dan 29 Juni mendatang.

“Kami harapkan CJH bisa menjaga kesehatannya karena selain bulan ini cukup banyak kegiatan manasik, juga pemberangkatan akan dimulai pada 14 Juli mendatang,” harap Imron. (eka/mie)