Agendakan Even Bulanan agar Wisata Probolinggo Menggeliat

DRINGU – Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporparbud) Kabupaten Probolinggo punya cara tersendiri untuk menggaet wisatawan agar betah di daerahnya. Di antaranya dengan cara membuat even bulanan.

LOKASI BARU: Lantaran banyak destinasi baru d Bromo, Pemkab Probolinggo berkeinginan membuat banyak even untuk memantik wisatawan agar kian berlama-lama di tempat wisata. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

Hal itu disampaikan Kadisporaparbud setempat Sugeng Winarto. Menurutnya, untuk membuat wisatawan lebih lama di Probolinggo, tentunya harus membuat gebrakan. Menurutnya gebrakan yang dimaksud yaitu membuat event. Bukan tahunan melainkan bulanan.

“Dengan begitu kami yakin bahwa akan membuat wisatawan lebih lama. Sebab, ketika ada event, tentunya mereka akan mengikuti rangkaian hingga selesai,” jelasnya.

Rencananya event tersebut akan dimulai pada tahun ini. Pihaknya sendiri telah melakukan pertemuan dengan beberapa pengusaha hotel. Tujuannya yaitu melakukan kajian mengenai event apa yang pas untuk digelar. “Tinggal pelaksanaannya saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam event tersebut kebanyakan akan menampilkan kesenian daerah. Porsinya yaitu sekitar 60 sampai 70 persen. Sedangkan sisanya adalah dari tamu. “Semoga saja bisa berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Sebelumnya, Perhimpunan Hitel dan Restoran Indonesia (PHRI) setempat mengeluhkan banyaknya wisatawan transit. Hal itu, mengakibatkan lesunya hotel. Karena itu, pihak PHRI meminta agar pemerintah daerah bisa berpartisipasi membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. (sid/fun)