2 Sapi di Sumberasih Dicuri, 1 Ditemukan di Samping SMPN

SUMBERASIH – Wilayah hukum Polres Probolinggo Kota, kembali diobok-obok maling sapi. Rabu dini hari (12/6), aksi pencurian hewan (curwan) berupa sapi terjadi di Dusun Sukun, Desa Muneng Leres, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Dua sapi milik Nasuri, 53, digondol maling. Syukur pencurian ini segera diketahui dan seekor sapi yang berukuran kecil berhasil ditemukan. Meski kemalingan, Nasuri belum membuat laporan resmi ke kepolisian.

Kepada Jawa Pos Radar Bromo, kakak ipar Nasuri, Muh. Holil, 65, mengatakan, sekitar pukul 01.30, adik iparnya, Su, menegur anaknya yang bermain handphone hingga pukul 01.30 di teras rumahnya. Karenanya, sang anak langsung masuk rumah.

Karena tidak ada yang berjaga di depan rumah, Nasuri keluar rumah dan berjaga di depan rumah. Dari depan rumah, pandangan Nasuri mengarah ke kandang dua ekor sapi di bagian belakang rumah. Saat itu, kandang dua ekor sapi itu dalam posisi terbuka.

Mendapati itu, Nasuri melihat dari dekat kandang berukuran 3 meter kali 6 meter itu. Ternyata benar, sapinya sudah raib. Seketika itu pula, dibantu warga, Muh. Holil langsung berusaha mencari sapi yang digondol maling itu dengan melihat jejak kaki sapi.

“Nasuri sudah empat bulan lalu sakit TBC. Jadi, dia tetap di rumah. Sapinya itu baru dibeli sebulan lalu. Sapi satu dijual dan dibelikan dua ekor sapi itu. Yang satu harganya sekitar Rp 6 juta dan yang satu Rp 9 juta,” ujar Muh. Holil.

Ada sekitas 20 warga bersama dengan perangkat desa turut membantu pencarian. Hasilnya, sekitar pukul 02.00, seekor sapi yang berukuran kecil ditemukan di samping SMPN 2 Sumberasih. Sedangkan, satu lainnya sampai tadi malam belum ditemukan.

“Perkiraan ada 7 orang. Yang tiga pegang sapi kecil larinya ke arah selatan dan yang empat pegang sapi yang lebih besar ke arah utara. Tapi, dilihat dari jejaknya, pelaku muter. Habis dari selatan, balik lagi ke utara dan sapi yang kecil ditinggal,” ujar Holil.

Meski kemalingan, Holil mengaku belum melaporkannya ke kepolisian. Alasannya, pihaknya masih hendak mencari sendiri hewan peliharaannya itu. “Belum laporan, masih kami cari,” ujarnya.

Adanya pencurian sapi ini dibenarkan olah Kapolsek Sumberasih AKP Wahyudi. Meski pihaknya mengaku belum mendapatkan laporan resmi dari korban. “Saat ini warga sedang mencarinya. Untuk laporanya belum ada,” ujarnya.

Sebelumnya, Selasa (11/6), pencurian sapi terjadi di Kelurahan Sumber Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Seekor sapi milik Samin, warga setempat, hilang. Kasus ini juga tidak dilaporkan ke Polsek Wonoasih. Namun, Polsek Wonoasih langsung mendatangi rumah korban. (rpd/rud)