Waspada Curwan, Sapi Warga Sumber Wetan Dicuri

KEDOPOK – Pencurian hewan (curwan) masih meneror warga Kota Probolinggo. Terbaru, aksi kawanan maling sapi terjadi di RT 4/ RW 5, Kelurahan Sumber Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Seekor sapi milik Samin, warga setempat, hilang. Samin baru tahu sapinya hilang saat akan memberi makan, Selasa (11/6).

Namun, tidak diketahui dengan pasti kronologi hilangnya sapi milik Samin. Sebab, Samin tidak melaporkan pencurian sapi itu ke Polsek Wonoasih.

Meski demikian, Polsek Wonoasih langsung mendatangi rumah korban, begitu ada informasi tentang pencurian sapi. Hasilnya, dipastikan sapi milik Samin memang hilang. Namun, pemilik sapi tidak ada di rumah saat petugas Polsek Wonoasih datang.

“Setelah kami cek memang ada pencurian sapi di Sumber Wetan. Pemiliknya Pak Samin. Tapi ketika kami ke sana, korban tidak ada di rumah,” terang Iptu Suyanto, kanitreskrim Polsek Wonoasih saat dikonfirmasi.

Tetangga korban yang dimintai keterangan, juga mengaku tidak tahu jam berapa pencurian itu terjadi. “Diperkirakan, sekitar pukul 03.00 sampai 04.00. Saat itu, korban ke kandang untuk memberi pakan. Namun, sapinya tidak ada di kandang,” tambahnya.

Rumah korban sendiri, menurut Kanitreskrim, cukup terpencil. Dekat persawahan. “Jalan ke sana bisa dimasuki mobil. Tapi, lokasinya memang terpencil,” jelasnya.

Suyanto pun minta warga mengintensifkan Siskamling. Juga menyiapkan keamanan yang lebih ketat terhadap ternaknya.

“Yang jelas, warga harus lebih intensif melakukan pengawasan keamanan lingkungan. Seperti melakukan siskamling,” ujarnya.

Petugas dari Polsek Wonoasih, menurutnya, juga intensif patroli. Namun, dengan jumlah yang terbatas, petugas tidak bisa melakukan pengawasan secara menyeluruh ke lokasi yang terpencil.

“Jadi mengintensifkan keamanan lingkungan itu memang harus ditingkatkan,” ujarnya. (put/hn)