Tiga Titik Pos Pantau di Kota Probolinggo Direnovasi

MAYANGAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo kembali merenovasi tiga pos pantau miliknya di tiga titik. Yaitu, di Jalan Soekarno Hatta dekat markas Yon Zipur, di pertigaan King Jalan Panglima Sudirman, dan di dekat Pasar Kronong, Mayangan.

Dari pantauan media ini, pos pantau di dekat Zipur telah selesai direnovasi. Sedangkan di pertigaan King masih dalam proses renovasi.

Saat dikonfirmasi, Kadishub Kota Probolinggo Sumadi menjelaskan, pihaknya tidak membangun pos pantau baru tahun ini. “Penambahan pos pantau Dishub saat ini tidak ada,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (11/6).

Namun, Dishub berusaha mengefektifkan pos pantau yang ada di Kota Probolinggo saat ini. Upayanya yaitu dengan mengubah bentuk bangunan pos pantau. Jika sebelumnya dibuat tertutup, saat ini direnovasi dengan bentuk bangunan terbuka.

Yang dipugar saat ini adalah pos lama yang kurang maksimal pemanfaatannya. Dengan model terbuka harapannya pos pantau ini bisa berfungsi ganda.

“Selain sebagai pos pantau bagi petugas yang berjaga, juga bisa difungsikan sebagai halte,” tambahnya.

Perubahan pos pantau Dishub ini telah dilakukan sejak tahun 2018. Tahun 2018, Dishub mengubah bentuk bangunan pos pantau di seberang Pasar Wonoasih. Tepatnya di Jalan Profesor Hamka dan perempatan Kademangan.

Saat itu tujuan perubahan pos pantau adalah untuk memudahkan petugas mengawasi lalu lintas. Tidak hanya yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan, namun lintas sektor. Seperti dari kepolisian, bisa menggunakan dengan mudah tanpa menunggu kunci pos pantau. (put/hn)