Pencuri di Tigasan Wetan yang Dibekuk Punya Komplotan dan Beraksi di Banyak TKP, Ini Tampang Mereka

SATU KOMPLOTAN: Dari kiri-kanan Slamet, Ahmad Fauzi, Osnan dan Sulis. Keempatnya merupakan komplotan curanmor dan pencurian hewan yang sudah beraksi di banyak TKP. (Foto: Polres Probolinggo for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PAJARAKAN – Upaya Polres Probolinggo mengembangkan penyidikan kasus curanmor tak sia-sia. Setelah menangkap Ahmad Fauzi, 19, polisi berhasil membekuk tiga pelaku lainnya. Para pelaku ini merupakan komplotan yang tak hanya melakukan curanmor. Tapi juga pencurian hewan yang belakangan meresahkan peternak di Kabupaten Probolinggo.

Ketiga pelaku lain yang berhasil dibekuk setelah Ahmad Fauzi, diamankan di lokasi berbeda. Ketiganya adalah Sulis, 42, dan Osnan, 40. Keduanya adalah warga Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Satu pelaku lagi adalah Slamet, 38,warga Dusun Gunung Tengu, Desa/Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang.

“Setelah kami menangkap tersangka Fauzi di jalan masuk Dusun Curahbubur, Desa Paras, Tegalsiwalan, kami mendalami pemeriksaan. Hasilnya, Fauzi memang mengakui bahwa dia pernah mencuri. Salah satunya pencurian 2 unit motor milik Dulamar, warga Dusun Tegaljuwet, Desa Sumberbulu. Pelaku lalu mengaku dia beraksi dengan dua orang lain,” terang Kasatreskrim Polres Probolinggo AKP Riyanto.

Nah, dari hasil pengembangan itulah, polisi mengantongi nama Sulis, Osnan dan Slamet. “Bahkan ada dua nama pelaku lain lagi yakni Al dan SNP, yang kini masih kami buru,” beber perwira polisi yang pernah menjadi Kanit Buser Polres Pasuruan tersebut.

Berdasarkan pengakuan para pelaku, mereka pernah melakukan percurian di beberapa lokasi.

Diantaranya di wiilayah Tegalsiwalan (Melakukan curhewan sapi 1 ekor sapi di Desa Paras; melakukan curhewan sapi 3 ekor di Desa Banjarsawah; melakukan curhewan 2 ekor di Des Sumberklidung; melakukan curhewan 2 ekor sapi di Ds Tegalsiwalan; melakukan curhewan di Desa Gunungbekel sebanyak 3 tempat; mencuri mesin pompa air sebanyak 2 kali di Desa Paras dan Desa Sumberklidung; mencuri 2 motor di Desa Sumberbulu, Desa Paras).

“Di Kecamatan Leces, komplotan ini pernah melakukan curhewan 1 ekor sapi di Ds Tigasan Wetan; melakukan curhewan 1 ekor sapi di Desa Pondok Wuluh; melakukan curhewan 1 ekor sapi di Tigasan Kulon; melakukan curas di perumahan Leces Permai 3 dan mengambil unit motor serta perhiasan; mencuri mesin pompa air Warujinggo,” terang Riyanto.

Pun demikian di wilayah Banyuanyar. Komplotan ini pernah mencuri sapi di Desa Banyuanyar Tengah dan Desa Gunung geni, serta curanmor di Desa Blado Wetan.

“Mereka ini adalah spesialis pencurian kendaraan bermotor dan juga curwan. Saat ini kami masih melakukan pendalaman terhadap para pelaku,” ungkapnya. (sid/fun)