Nelayan Pasuruan Kembali Melaut usai Libur Lebaran

PANGGUNGREJO – Aktivitas nelayan di Kota Pasuruan kini sudah mulai normal kembali. Sejak empat hari terakhir, nelayan sudah melaut. Aktivitas ini tak bisa ditinggalkan lantaran sebagai persiapan bagi para nelayan untuk menghadapi hari raya ketupat.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Pasuruan Ihsan Khoiri mengungkapkan, sebagian nelayan sudah mulai melaut sejak H+2 Lebaran. Ini, dilakukan untuk mencari tambahan penghasilan sebelum hari raya ketupat yang jatuh hari ini.

Ia menjelaskan, nelayan yang melaut ini terdiri atas nelayan dengan kapal besar, menengah, dan kecil. Untuk nelayan kecil melakukan aktivitas melaut di tepian. Namun, nelayan dengan kapal menengah dan besar melaut hingga ke tengah perairan.

“Ada sebagian yang tetap melaut. Yang jelas mereka sudah melaut sejak Sabtu (8/6) sampai hari ini (11/6). Hitung-hitung untuk mencari tambahan penghasilan menjelang Kupatan,” ungkapnya.

Ihsan menyebut, hasil tangkapan yang didapatkan nelayan selama melaut cukup memuaskan. Seperti ikan kembung ataupun ikan keting. Hasil tangkapan nelayan ini dipergunakan untuk menutupi kebutuhan tradisi Kupatan yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Untuk besok semua nelayan akan libur karena mengikuti tradisi Kupatan di Pelabuhan Kota Pasuruan. Bagi nelayan yang memilih tidak ikut melaut, ya dikarenakan sibuk menyiapkan Kupatan untuk besok (12/6),” sebut Ihsan. (riz/fun)