Lapak Kios Buah Overload di Pasar Cheng Hoo Akhirnya Mundur

PANDAAN – Usaha Disperindag Kabupaten Pasuruan menertibkan lapak di depan kios buah di Pasar Wisata Cheng Hoo Pandaan, Kabupaten Pasuruan, mulai berhasil. Selasa (11/6), lapak di depan kios buah itu terlihat sudah tidak terlalu maju.

Jika sebelumnya lapak di depan kios buah rata-rata maju hingga 2,5 meter, kini hanya 1,5 meter. “Lapak di depan deretan kios buah-buahan sudah kami tertibkan. Sengaja kami lakukan agar lebih tertib dan tertata dan pengunjung yang lewat leluasa melintas,” ujar Kabid Industri Disperindag Kabupaten Pasuruan Heru Hernandi.

Meski sudah mundur dan terlihat lebih tertib, Heru mengaku, pihaknya tidak tinggal diam. Kondisi di lapangan terus dipantai secara rutin. “Jika kemudian diulangi lagi, ada lapak yang kembali maju melebihi batas maksimal 1,5 meter. Pedagangnya kami datangi dan kami tegur, bila perlu diberi sanksi tegas,” ujarnya.

Upaya penertiban yang ditempuh Disperindag, mendapat dukungan penuh dari Paguyuban Pedagang Pasar Wisata Cheng Hoo. “Memang harus ditertibkan jika ada lapak yang terlalu maju seperti di deretan kios buah. Menurut kami upaya dinas sudah tepat,” ujar Sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Wisata Cheng Hoo Hari Suprayitno. (zal/rud)