Kunjungan Wisatawan Membeludak saat Libur Lebaran, Pantai Bentar Terbanyak setelah Bromo

KEINDAHAN PESISIR: Suasana di pantai Bentar saat sore hari. Tempat wista di Kabupaten Probolinggo ini banyak dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran lalu dan terbanyak kedua setelah Bromo. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GENDING – Libur hari raya Idul Fitri membuat tempat wisata di Kabupaten Probolinggo didatangi banyak wisatawan. Bahkan, selama sembilan hari, tanggal 1-9 Juni, kunjungan di tujuh tempat wisata melebih jumlah kunjungan selama sebulan di hari normal.

Total, ada 15 ribu wisatawan yang berkunjung ke tujuh tempat wisata di Kabupaten Probolinggo selama libur Lebaran. Data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, kunjungan wisatawan paling tinggi ada di Gunung Bromo. Yaitu, 8.228 wisatawan pada tanggal 1-9 Juni.

Lalu, dua tempat wisata yang menduduki kunjungan tertinggi di bawahnya adalah Pantai Bentar di Gending, dikunjungi 3.341 wisatawan. Dan Pantai Duta di Paiton, didatangi 2.521 wisatawan (selengkapnya lihat grafis).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwata Budaya (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng saat dikonfirmasi mengatakan, hampir semua tempat wisata di Kabupaten Probolinggo ramai pengunjung selam libur Lebaran. Hingga Senin (11/6), ada tujuh tempat wisata yang sudah melaporkan jumlah kunjungan wisata selama tanggal 1 – 9 Juni.

“Ada tujuh tempat wisata yang sudah melaporkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran. Total kunjungan wisatawan mencapai sekitar 15 ribu lebih di tujuh tempat wisata itu. Angka itu, sama dengan jumlah kunjungan selama sebulan pada bulan Februari, Maret, dan April,” katanya.

Sugeng menjelaskan, puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Sabtu dan Minggu (8-9/6) atau H+4 dan H+5 Lebaran. Namun, pada H+2 Lebaran mulai tampak peningkatan kunjungan wisatawan.

”Kemarin (Senin, 10/6), kunjungan wisatawan di tempat wisata mulai normal atau mulai menurun. Tidak ada kepadatan jumlah kunjungan. Sebab, libur panjang hari raya Idul Fitri sudah usai,” terangnya. (mas/fun)