Jalan Ambles ke Bromo Makin Lebar, Kondisinya Sudah Seperti Ini

BERBAHAYA: Titik jalan yang ambles di Dusun Putuk, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Jalan ini merupakan akses utama ke wisata Gunung Bromo. Juga jalan penghubung antara Kecamatan Tutur dengan Tosari, Kabupaten Pasuruan. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

TUTUR – Sudah satu tahun lebih akses utama jalan menuju wisata Gunung Bromo di Kecamatan Tutur, ambles. Tepatnya di Dusun Putuk, Desa Wonosari. Namun, sampai sekarang jalan yang ambles itu tak kunjung diperbaiki.

Kondisi itu pun dikeluhkan warga sekitar. Sebab, jalan yang ambles itu bukan hanya akses utama wisatawan menuju Gunung Bromo. Namun, juga jalan penghubung antara Kecamatan Tutur dengan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Petani di Tosari umumnya menggunakan jalan ini untuk menjual hasil pertanian mereka ke wilayah di bawah. Mulai sayur-mayur, buah-buahan, dan yang lain.

“Kasihan warga dan pengguna jalan yang melintas. Mereka harus melalui jalan dengan ekstra hati-hati. Sebab, sekarang luas jalan yang ambles jadi makin lebar. Sangat membahayakan pengguna jalan,” beber Herman, 32, warga Desa Wonosari.

Herman dan warga lain berharap, jalan yang ambles diperbaiki secara permanen. Jika tidak, dikhawatir jalan tersebut malah putus. Sebab, saat ini saja jalan yang ambles makin lebar. Awalnya menurut Hermarn, lebar jalan yang ambles hanya sekitar 1 meter. Namun, saat ini menjadi 2,5-3 meter. Sementara tingginya sekitar 7 meter.

Karena kondisi tersebut, kendaraan harus melintas secara bergantian di jalan itu. “Sekarang jalan ini hanya bisa dilewati kendaraan secara bergantian. Seperti truk dan mobil,” ungkapnya.

Wartawan Jawa Pos Radar Bromo pun menghubungi Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hari Apriyanto untuk mengonfirmasi hal ini. Baik itu melalui SMS, maupun telepon. Namun, hingga berita ini ditulis, belum ada tanggapan sama sekali dari yang bersangkutan.

Di sisi lain, Camat Tutur Eddy Supriyanto menegaskan, jalan ambles di Dusun Putuk, Desa Wonosari akan diperbaiki tahun ini. Namun, kapan akan dikerjakan, ia mengaku kurang tahu.

“Setahu saya, jalan yang ambles itu akan diperbaikan tahun ini. Untuk kepastiannya kapan diperbaiki, coba tanyakan langsung ke dinas terkait saja,” terangnya. (zal/fun)