Warga Lemahbang Sukorejo Tepergok Bobol Rumah yang Ditinggal Mudik

SUKOREJO – Nanang Setiawan, 40, kini harus menikmati hari-harinya dari balik jeruji besi. Itu, setelah aksi warga Dusun/Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, saat membobol rumah yang ditinggal mudik, berhasil dipergoki warga.

Nanang melakukan aksinya di Perumahan Kapok Harmoni, Desa Suwayuwo, Kecamatan Sukorejo. Rumah yang jadi sasarannya adalah milik Musa Mardeiana Thohir, 31.

Aksi pencurian itu dilakukan Selasa (4/6) sekitar pukul 18.30 atau sehari jelang Lebaran. Nanang gagal melakukan aksinya lantaran tepergok warga sekitar lokasi kejadian.

Malam itu juga, Nanang pun digelandang ke Mapolsek Sukorejo. “Posisi pelaku sudah berada di dalam kamar rumah korban. Ia sedang mencari barang berharga. Ternyata ada warga yang mengetahui, lalu diteriaki maling. Saat itulah pelaku berhasil diamankan warga setempat,” ujar Kanitreskrim Polsek Sukorejo Bripka Soni Julianto.

Soni menyebutkan, dalam melakukan aksinya, pelaku masuk ke rumah korban dengan cara melompat pagar. Kemudian langsung mencongkel jendela kamar.

Setelah berhasil, lalu masuk ke dalam kamar tersebut. “Namun, sebelum berhasil mencuri, aksinya dipergoki warga hingga akhirnya berhasil ditangkap,” jelas Soni.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya satu buah linggis kecil serta satu unit motor Yamaha Mio Soul bernopol N 6254 TAG yang digunakan pelaku.

“Kejadian ini kasusnya percobaan pencurian dengan pemberatan. Pelakunya kami jerat dengan pasal 363 KUHP jo 53 KUHP,” ujarnya. (zal/mie)