Tarif Tol Paspro Tunggu SK Kementerian, PT Trans Jawa Evaluasi Arus Mudik-Balik

MASIH GRATIS: Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Paspro, di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Sejauh ini, jalan bebas hambatan ini masih gratis. (Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

LECES – Selama arus mudik dan balik Lebaran 1440 Hijriah, tidak ada kendala berarti di jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro). Namun, PT Trans Jawa Tol Paspro selaku pengelola tetap akan melakukan evaluasi. Tujuannya, mengetahui kekurangan yang perlu ditingkatkan untuk kenyamanan masyarakat.

Direktur Utama (Dirut) PT Trans Jawa Tol Paspro Dwi Pratikto mengatakan, selama Tol Paspro dioperasikan, terutama saat arus mudik-balik Lebaran, tidak ada kejadian menonjol. Peningkatan arus lalu lintas juga tidak sampai membuat kemacetan.

“Selama arus mudik dan balik hingga saat ini, jalan Tol Paspro lancar dan aman. Tapi, tetap kami akan evaluasi secara umum untuk diketahui setiap detail yang perlu diperbaiki. Supaya pelayanan dan kenyamanan masyarakat bisa ditingkatkan,” katanya kepada pada Jawa Pos Radar Bromo.

Soal tarif tol Paspro, Dwi mengatakan, sampai Senin (10/6), masih gratis. Sebab, belum ada penetapan dari Kementerian PU. “Masih gratis, pengemudi yang melintas di Tol Paspro mulai dari Grati sampai Leces,”ujarnya.

Setelah diresmikan, ia mengaku sudah mengajukan penetapan tarif Tol Paspro ke Kementerian PU. Namun, sejauh ini belum ada surat keputusan (SK) penetapan tarifnya. “Tinggal menunggu SK penetapan tarif dari Kementerian PU. Biasanya di SK itu juga dijelaskan Tol Paspro mulai dikenakan tarif mulai kapan dan nilainya berapa,” jelasnya.

Manajer Operasional PT Trans Jawa Tol Paspro Sukiran menambahkan, sempat terjadi kemacetan di luar exit Tol Leces pada H+1 Lebaran. Saat itu, banyak warga yang melintas di jalan alteri Jalan Raya Leces. “Ada peningkatan arus di jalan alteri yang berdampak pada jalur exit Tol Leces. Tapi, tidak berlangsung lama,” ujarnya.

Arus lalu lintas Tol Paspro, tertinggi terjadi pada H+4 Lebaran. Saat itu ada sekitar 26 ribu kendaraan masuk lewat pintu Tol Paspro di Leces. Total ada sekitar 36 ribu kendaraan yang keluar-masuk di exit Tol Leces. “Saat Minggu atau H+5 kemarin, di Leces ada sekitar 25 ribu kendaraan keluar-masuk,” ujar Sukiran.

Secara umum, menurut Sukiran, rest area Tol Paspro terkendali. Tidak ada kejadian menonjol. Sempat ada kecelakaan yang diduga akibat sopir mengantuk, lelah, dan ban pecah. Namun, tidak ada korban jiwa. “Secara umum, selama arus mudik dan balik di Tol Paspro cukup bagus. Arus lalu lintas cukup tinggi,” ujarnya. (mas/fun)