Koleksi Satwa di TWSL Bertambah, Tahun Ini Rencana 2 Harimau

MAYANGAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo terus berusaha menambah koleksi satwa di Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL). Tahun ini, direncanakan menambah koleksi satwa berupa dua ekor harimau.

LEBIH DEKAT: Sejumlah pengunjung melihat salah satu satwa koleksi TWSL Kota Probolinggo. Tahun ini, DLH berencana menambah koleksi berupa dua ekor harimau benggala. (Rizky Putra Dinasti/Jawa Pos Radar Bromo)

Kepala DLH Kota Probolinggo Budi Krisyanto mengatakan, tahun ini akan ada penambahan satwa berupa dua harimau benggala. Dua satwa itu akan didatangkan dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Semarang, Jawa Tengah. “Tim BKSDA Semarang sudah melakukan konservasi, termasuk kelayakan kandang. Hasilnya semuanya memenuhi,” ujarnya, Senin (10/6).

Budi mengatakan, proses penambahan satwa ini sudah berjalan. Nantinya dua harimau itu akan dihibahkan ke TWSL Kota Probolinggo. “Dua ekor harimau benggala itu akan bisa dikembangbiakkan di TWSL Kota Probolinggo. Kami tinggal menunggu penyerahannya saja,” ujarnya.

Selain itu, dalam jangka panjang, Budi mengaku, akan memperluas TWSL sekitar 3,5 hektare ke sisi utara. “Master plan-nya sudah dipersiapkan. Sehingga, TWSL bisa lebih luas. Nantinya kami akan lakukan perluasan sesuai kemampuan yang dimiliki. Termasuk ada tambahan tanah aset. Sehingga, totalnya sekitar 3,5 hektare,” ujarnya. (rpd/rud)