Gondol Onderdil Mobil di Bengkel Kalirejo, Warga Kedopok Ditangkap

DRINGU – Warga Perum Green Royal Residence, Kelurahan/Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, Hermanto Hadi, 57, harus berurusan dengan polisi. Sabtu (8/6), dia diamankan kepolisian setelah kedapatan mencuri onderdil mobil.

Pencurian dilakukan tersangka di sebuah bengkel di Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, sekitar pukul 14.00. Tersangka ditangkap tanpa perlawanan dengan bukti masih ada di tangan. Sehingga, dia dibawa ke Mapolsek Dringu untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Kanit Reskrim Polsek Dringu Ipda Rahmad Wahyudi mengatakan, penangkapan tersangka sebenarnya dilakukan pemilik bengkel, Umar. Sebelum menangkap tersangka, Umar mendapati as kruk kendaraan di bengkelnya hilang.

Setelah dicari di sekitar bengkel, tidak ditemukan. Namun, Umar terkejut saat mendapati as kruknya dibawa seseorang. Karenanya, Umar mengejar dan mengamankan tersangka. “Setelah ditangkap, korban menghubungi kami. Kemudian kami tindak lanjuti dengan membawa pelaku ke kantor untuk dimintai keterangan,” ujarnya.

Menurut Rahmad, tersangka dengan mudah ditangkap oleh korban karena terlalu lama membawa barang curiannya. Tersangka tidak bisa kabur jauh karena barang yang dicuri cukup berat. “As kruk truk itu kan berat, jadi dia mengambil dan dibawa seorang diri. Dia membawa hendak diangkut menggunakan motor. Tapi, tepergok pemiliknya,” jelasnya.

Selain membawa pelaku, kepolisian juga membawa barang buktinya. Berupa sebuah as kruk, satu unit sepeda motor, dan satu sak hijau. Semuanya diamankan di Mapolsek Dringu. “Jika ditafsir kerugian yang dialami pemilik sekitar Rp 5.000.000,” ujar Rahmad. (sid/rud)