Enam Titik Jalan Lingkungan di Kota Pasuruan Ini Bakal Direhab

PASURUAN – Pembangunan jalan lingkungan di beberapa lokasi di Kota Pasuruan bakal segera direalisasikan. Pemkot Pasuruan telah menyiapkan perencanaan terkait pembangunan jalan lingkungan di enam titik tersebut.

Enam titik itu yakni, dua lokasi di Kecamatan Purworejo; satu lokasi di Kecamatan Gadingrejo; dua lokasi di Kecamatan Panggungrejo; dan satu titik di Kecamatan Bugul Kidul.

Kabid Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan Uung Maf’udi menyampaikan, proyek rehab jalan lingkungan itu akan digelontor dana sekitar Rp 2 miliar.

Dari enam paket proyek tersebut, empat di antaranya harus diajukan ke tahap lelang. Yaitu, pembangunan jalan lingkungan di Bugul Lor, Kampung Ngaglik, Purworejo, dan Karangketug. Sedangkan dua proyek lainnya, lewat penunjukan langsung.

“Untuk empat paket sudah masuk tahap lelang. Kami ajukan sebelum Lebaran lalu. Sebelumnya, kami juga telah me-review dokumen lelangnya dengan TP4D,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya merencanakan enam proyek itu akan dimulai secara bersamaan. Paling cepat, kata Uung, proyek dapat dikerjakan mulai bulan Juli depan.

Akan tetapi, pihaknya juga harus menunggu proses lelang yang berlangsung. ‚ÄúTergantung lelangnya juga. Jika lancar, maka bisa dimulai sesuai target kami. Bulan Juli sudah mulai dikerjakan,” jelasnya.

Pembangunan jalan lingkungan itu dinilai perlu lantaran akses jalan yang selama ini kurang memadai. Pekerjaannya nanti diperkirakan memakan waktu selama 90 hari atau 3 bulan.

Kecuali pembangunan jalan lingkungan di Kampung Ngaglik. “Karena di lokasi itu nanti sifatnya jalan tembus. Dan, prosesnya membutuhkan waktu yang lebih lama. Sehingga, proses pekerjaannya sekitar 120 hari,” terangnya. (tom/mie)