21 Kepala SDN Dilantik, Diminta Kawal Pendidikan Gratis

MAYANGAN – Empat guru dipromosikan jadi kepala sekolah di empat SDN di Kota Probolinggo. Senin (10/6), mereka dikukuhkan oleh Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin bersama 17 kepala sekolah yang lain.

Empat guru yang dipromosikan itu antara lain Nur Rahmat sebagai kepala SDN Kademangan 2. Dia sebelumnya guru di SDN Mangunharjo 1. Lalu, M. Nursiwan sebagai kepala SDN Kedopok 2, yang sebelumnya guru di SDN Sukabumi 6.

Kemudian, Muhamad Abdul Syukur sebagai kepala SDN Wiroborang 4 yang sebelumnya guru di SDN Sukabumi 4. Terakhir, Endang Widayati sebagai kepala SDN Jrebeng Kulon 1. Dia sebelumnya mengajar di SDN Sukoharjo 3.

Pengukuhan dilakukan Wali Kota di Gedung Sabha Bina Praja, Pemkot Probolinggo. Selain empat kepala sekolah itu, Wali Kota juga mengukuhkan 17 kepala sekolah yang lain. Terdiri atas 12 kepala sekolah yang sudah menjabat diperpanjang di periode berikutnya dan lima kepala sekolah dimutasi ke sekolah lain.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Probolinggo Mochamad Maskur mengatakan, pengukuhan dilaksanakan saat ini karena bertepatan dengan tahun ajaran baru. Selain itu, untuk mengisi kekosongan formasi kepala di beberapa SDN.

Maskur juga berharap kepala sekolah yang sudah dikukuhkan betul-betul dapat melaksanakan kewajibannya dan memiliki tanggung jawab penuh. “Pengukuhan ini dilakukan bertepatan dengan tahun ajaran baru. Sebab, untuk mengisi kekosongan formasi kepala di beberapa SDN. Selain itu, untuk menandatangani ijazah kan perlu kepala sekolah definitif,” terangnya.

Sementara, Wali Kota Hadi dalam sambutannya, mengingatkan kembali tentang komitmen Pemkot Probolinggo dalam program pendidikan gratis dan bermutu di tingkat SD dan SMP. Menurutnya, kebijakan pendidikan gratis SD dan SMP harus sesuai yang dideklarasikan.

“Saya percaya semua mampu dengan amanah yang diberikan. Kawal dan laksanakan program pendidikan gratis. Kalau tidak mengerti, tanya. Jangan sungkan-sungkan atau ragu-ragu,” ujar Wali Kota.

Selain Wali Kota Hadi, acara yang digelar pukul 13.00 itu dihadiri Wakil Wali Kota Mochammad Soufis Subri. Juga hadir sejumlah pejabat di lingkungan pemkot. Antara lain, Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan, Kabag Hukum Titik Widayawati, Kabag Organisasi Heri Astuti, dan Ketua Dewan Pendidikan Kota Probolinggo Eko Wahyono. (mg1/fun)