Target Produksi Capai 309 Ribu Ton, Ini yang Diupayakan Pemkab

BANGIL – Produksi jagung di Kabupaten Pasuruan ditargetkan meningkat hingga 17,5 persen tahun ini. Pemkab setempat pun menyiapkan support bibit unggul agar target produksi itu tercapai.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Ihwan. Ia menyampaikan, produksi jagung di Kabupaten Pasuruan masih memiliki potensi untuk ditingkatkan. Mengingat, banyak lahan yang bisa dimanfaatkan petani untuk ditanami.

“Untuk itu, kami mendorong agar produksi jagung tahun ini meningkat. Setidaknya, 17,5 persen dibanding tahun sebelumnya,” kata Ihwan.

Menurut Ihwan, produksi jagung pada 2018 mencapai 263 ribu ton. Jumlah tersebut diharapkan bisa melonjak hingga 309 ribu ton. Sehingga, ada kenaikan produksi hingga 46 ribu ton.

Pihaknya pun menyiapkan program agar target tersebut bisa terwujud. Salah satunya dengan support bibit bagi para petani. Sebanyak 170 ton bibit jagung akan dibagi-bagikan kepada petani agar bisa ditanam. Pembagian bibit ini pun ditujukan untuk menambah luasan lahan tanam jagung.

Sejauh ini, luas lahan tanam jagung di Kabupaten Pasuruan mencapai lebih dari 10 ribu hektare. Pihaknya berharap agar ada penambahan hingga 7,5 ribu hektare.

“Sebanyak 36 ribu bibit jagung sudah kami salurkan. Sisanya akan kami salurkan saat memasuki musim hujan,” jelasnya. (one/fun)