Sulit Penuhi Target PAD Ruko Pandaan Lantaran Tarif Sewa Alot

PANDAAN – Sejak 2012 lalu ruko Terminal Pandaan memang kembali dikelola Pemkab Pasuruan. Meski begitu, ruko yang terletak di Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, itu masih minim menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) untuk pemkab setempat.

Target Rp 1 miliar yang dipatok bisa masuk ke kas Pemkab Pasuruan dari ruko terminal pun, sejauh ini belum kunjung terealisasi.

“Penarikan sewa ruko-nya tetap kami lakukan. Fakta di lapangan, tidak semudah yang dibayangkan. Masih alot,” ungkap Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan Edy Suwanto.

Dari total 75 unit ruko, saat ini hanya sekitar 15 unit saja yang ditempati. Sementara dari target Rp 1 miliar, sejauh ini masih terealisasi sekitar Rp 400 juta saja untuk sewanya.

Menurut Edy, saat ini pihaknya terus berupaya melakukan penarikan sewanya. Hal itu dilakukan rutin tiap bulan. Sementara sewa ruko sendiri dilakukan setahun sekali.

Sewa itu dibayarkan setahun sekali. Nilainya satu ruko dengan ruko yang lain tak sama. Sesuai dengan appraisal masing-masing. “Target untuk PAD, sisanya yang belum tetap kami lakukan upaya penarikannya sewanya , ke masing-masing pihak penghuni ruko. Kebanyakan memang diangsur, sehingga lama,” akunya. (zal/fun)