Rencana Mempercantik RTH Apollo Gempol Diusulkan Tahun Depan

GEMPOL – Wajah ruang terbuka hijau (RTH) di Bundaran Apollo, Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, tak akan banyak berubah tahun ini. Sebab, sepanjang tahun ini belum ada rencana rehab atau mempercantiknya.

RTH di bundaran Apollo ini berada di lahan yang jadi kewenangan Balai Besar Jalan Nasional (BPJN). Sebab, lokasinya berada di tengah-tengah ruas jalan nasional jurusan Surabaya – Malang dan sebaliknya.

Namun, proses perawatannya beberapa tahun terakhir dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan. Mulai dari pemotongan dan penataan tanaman, serta kebersihannya.

“Hutan Kota Apollo keberadaannya sangat penting. Tak hanya untuk perindangan semata. Tapi, juga memiliki fungsi utama dan khusus sebagai resapan air. Utamanya saat hujan,” kata Plt Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan Indra Hernandi.

Untuk tahun ini, Indra memastikan, belum ada rencana rehab di RTH Apollo Gempol. Hanya sebatas pemeliharaan rutin saja. Rencana untuk penataan, sekaligus mempercantik hutan kota tersebut menurutnya akan diagendakan pada tahun depan.

Saat ini DLH setempat disebutkan terus berkoordinasi dengan BPJN untuk penataan dan percantik hutan kota tersebut di tahun depan.

“Kalau tahun sekarang tidak ada (rehab), karena keterbatasan anggaran. Selanjutnya, diusulkan agar dapat terealisasi di tahun depan,” ujarnya.

Upaya mempercantik itu di antaranya dilakukan dengan memasang sejumlah lampu hias. Serta, menambah tanaman hias di RTH Apollo Gempol. (zal/fun)