Operasional Traffic Light di Kejapanan Tunggu Relokasi Pasar

GEMPOL – Dibangun mahal-mahal, eh ketika sudah ada tak kunjung dimanfaatkan. Begitulah kondisi traffic light (TL) di simpang empat Kejapanan, Kecamatan Gempol.

Meski sudah didirikan sejak 2015 lalu, dengan anggaran sekitar Rp 170 juta, namun sejauh ini TL itu hanya sekadar di-flashing atau menyala warna kuning saja.

“TL-nya masih ada. Sebagian ada yang rusak dan sering kali tertabrak kendaraan melintas. Di lapangan memang belum operasional sampai dengan sekarang,” ungkap Kepala Dishub Kabupaten Pasuruan Heri Yitno.

Menurut Heri, tak kunjung dioperasionalkannya TL di Kejapanan itu hanya dikarenakan satu sebab. Yakni, menunggu pasar desa di Kejapanan yang ada di sisi timur simpang empat itu direlokasi.

Lantaran pasar desa belum direlokasi, sisi timur TL pun belum bisa maksimal dimanfaatkan. Sebab, pedagang yang meluber, membuat ruas jalan di sisi timur TL belum bisa dilewati.

“Awal peruntukannya TL ini memang untuk simpang empat. Tapi lantaran salah satu jalurnya belum bias dilewati, jadi TL ini belum bisa difungsikan. Masih menunggu pasar desanya direlokasi,” jelas Heri.

Bila pasar desa tak kunjung direlokasi, maka pemkab bakal memindahkan TL itu. “Tahun ini target terakhir batas menunggunya. Jika tetap tidak bisA (merelokasi pasar), tentunya tak bisa kami paksakan. Pastinya (TL) akan pindah ke tempat lain,” papar Heri. (zal/fun)