Hore, Gaji 13 ASN Cair Awal Juli

BANGIL – Ini kabar gembira bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkab Pasuruan. Sebab, usai mendapat kucuran tunjangan hari raya (THR) sebelum Lebaran, dalam waktu dekat mereka bakal mendapat gaji ke 13 pada awal Juli mendatang.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan Luly Noermadiono mengatakan, pencairan gaji ke 13 ini sesuai dengan PP (Peraturan Pemerintah) dan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) terkait teknis pencairan gaji ke 13 dan Tunjangan Hari Raya (THR).

Berbeda dengan THR yang sudah dicairkan sebelum Lebaran. Untuk gaji ke 13 dicairkan awal Juli. “Untuk Gaji ke 13 memang untuk kebutuhan anak sekolah atau pendidikan. Pencairan sendiri akan dilakukan pada bulan Juli mendatang,” jelas Luly.

Dijelaskannya, untuk gaji ke 13 besaran dana yang didapatkan oleh ASN sama besarnya dengan gaji yang didapat pada Juni. Tak hanya mendapatkan gaji pokok, tapi juga tunjangan lain. Seperti tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, termasuk tunjangan kinerja (Tukin).

Luly mengatakan, untuk gaji ke 13, Pemkab menganggarkan Rp 46,8 miliar. Besarnya ini hampir sama dengan besaran anggaran THR lalu. “Namun, sedikit kurang karena terkurangi ada yang purnatugas saat bulan tersebut,” jelasnya.

Besaran gaji ke 13 nanti diperuntukkan kepada 11.103 pegawai. Dengan rincian 9.970 pegawai berstatus ASN, 480 CPNS, sisanya adalah honorer yang diangkat oleh badan kepegawaian atau SK Bupati. (eka/fun)