Surat Suara Pemilu 2019 Baru Dilelang 2 Tahun Lagi

BELUM BISA DILELANG: Sejumlah pekerja mengangkut surat suara Pemilu 2019, sebelum Pemilu digelar. Sejauh ini, surat suara yang sudah dipakai belum bisa dilelang. (Dok. Radar Bromo)

Related Post

MAYANGAN – Pemilu 2019 telah selesai dilaksanakan. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo belum bisa memusnahkan surat suara yang telah digunakan. Sebab, masih ada masa resistansi selama dua tahun sebelum surat suara bisa dilelang.

“Surat suara yang sudah digunakan belum bisa dilelang. Surat suara ini masuk kategori arsip. Ada masa resistansi selama dua tahun sebelum bisa dilelang,” ujar Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri kepada Jawa Pos Radar Bromo.

Selain itu, proses Pemilu masih belum selesai, masih ada kemungkinan adanya proses gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). “MK bisa saja meminta proses penghitungan ulang surat suara. Kalau sampai itu terjadi, maka surat suara yang ada ini dibuka dan dihitung ulang,” jelasnya.

Sedangkan, surat suara yang rusak atau surat suara yang tidak digunakan dalam pelaksanaan Pemilu, sudah dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan agar surat suara tersebut tidak disalahgunakan. “Sampai sekarang surat suara yang sudah digunakan masih tersimpan di gudang KPU,” ujarnya.

Pemilu 2019 berlangsung cukup kompleks. Sebab, ada 5 jenis surat suara yang harus dicoblos pemilih. Surat suara itu antara lain, surat suara Pilpres, pemilihan DPD, DPR RI, DPRD Jatim, dan DPRD Kota Probolinggo. (put/rud)