Sejumlah Persimpangan di Pasuruan Ini Bakal Dipasangi CCTV

PANTAU LALIN: Pemantauan arus lalu lintas menggunakan CCTV di Kabupaten Pasuruan akan diperluas dengan menambah pemasangan CCTV di tiga lokasi. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – Upaya Pemkab Pasuruan untuk menambah jumlah closed circuit television (CCTV) di persimpangan traffic light terus dimatangkan. Sejauh ini, Dinas Perhubungan (Dishub) setempat memang telah memetakan beberapa simpang yang rencananya akan dipasang CCTV.

“Lokasi barunya ada tiga titik. Yaitu, simpang tiga Sumurwaru di Nguling, simpang tiga Semambung di Grati, dan simpang tiga Ranggeh di Gondangwetan,” ungkap Kasi Pengembangan Jaringan dan Sistem Dishub Kabupaten Pasuruan Yoni Waskito.

Dari hasil pemetaan yang dilakukan Dishub, kata Yoni, tiga titik itulah yang memiliki prioritas kebutuhan CCTV. Di antaranya lantaran mempertimbangkan volume arus lalu lintas yang cenderung padat.

“Di samping itu, kami juga memperhatikan aspek kerawanan. Karena CCTV kami selama ini juga digunakan pihak kepolisian dalam melacak pelaku kriminal yang terekam,” katanya.

Ia memastikan, pemasangan CCTV di tiga lokasi itu akan dilakukan tahun ini. Kebutuhannya yakni belanja pengadaan perangkat CCTV senilai Rp 42 juta dan belanja pengadaan tiang senilai Rp 120 juta.

Semuanya akan dibiayai melalui APBD Kabupaten Pasuruan 2019. “Selain itu, nanti juga ada beberapa penambahan di lokasi yang lama dan mengganti perangkat yang rusak,” katanya.

Ia menjelaskan, penambahan CCTV akan dilakukan di Terminal Cheng Hoo Pandaan, simpang Pegadaian Purwosari. Dan mengganti CCTV yang rusak di simpang Sentul Purwodadi, simpang empat Jetak Pandaan, dan simpang Taman Dayu Pandaan.

Kemudian juga pemasangan CCTV di tepi sungai Purwosari untuk memantau volume air. “Akan tetapi, pemantauannya nanti dilakukan langsung oleh pihak SDA yang membutuhkan. Insyaallah akan dimulai setelah Lebaran,” katanya. (tom/rf)