Perlu Koordinasi dengan Tim Cagar Budaya sebelum Lanjut Proyek Taman Kota Jalan Pahlawan

BERNILAI HISTORIS: Kondisi Taman Kota Pasuruan di Jalan Pahlawan yang dinilai memiliki nilai historis akan dipercantik. Pemkot masih berkoordinasi dengan Tim Cagar Budaya sebelum meningkatkan perwajahan taman tersebut. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – Keinginan masyarakat Kota Pasuruan untuk menikmati Taman Kota dengan wajah yang lebih apik, bakal segera terealisasi. Pasalnya, Pemkot Pasuruan saat ini tengah mematangkan rencana tersebut agar dapat terlaksana tahun ini.

Sejauh ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan (DLHKP) telah merampungkan dokumen perencanaan untuk proyek itu. “Kalau dokumen perencanaannya sudah selesai dikerjakan. Jadi, tinggal tahap lelang untuk menentukan pihak yang akan mengerjakan proyek itu,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan (DLHKP) Rudiyanto.

Kendati demikian, proyek bernilai anggaran Rp 4 miliar itu belum bisa segera diajukan ke tahap lelang. DLHKP masih harus berkoordinasi dengan Tim Cagar Budaya sebelum dilaksanakannya proyek peningkatan taman di Jalan Pahlawan tersebut.

Karena dalam perencanaan, peningkatan taman kota akan disesuaikan dengan konsep Kota Pusaka. Disamping itu, keberadaan Taman Kota sendiri telah didaftarkan dalam situs cagar budaya. “Sehingga kami juga harus berkoordinasi dengan Tim Cagar Budaya sebelum proyek dikerjakan. Makanya, belum kami ajukan untuk dilelang,” sambung Rudi.

Dia menjelaskan, peningkatan wajah taman kota nantinya akan dikonsentrasikan pada sisi depan saja. Sedangkan kondisi taman kota di sisi belakang dinilai masih layak karena baru direnovasi dua tahun lalu.

Meski perlu dikoordinasikan dengan Tim Cagar Budaya, Rudi juga memastikan pengerjaan proyek itu nanti tak akan melenceng dari Konsep Kota Pusaka. Alih-alih menghapus nilai historis yang ada. Sebab, dalam dokumen perencanaan sudah disesuaikan dengan Konsep Kota Pusaka.

“Sehingga dapat kami pastikan tidak ada perubahan dalam perencanaan. Target kami, tahap lelang dapat dilakukan setelah Lebaran nanti,” beber dia. (tom/fun)