Buat Parkir di Seruni Point, Butuh Pembebasan Lahan

SUKAPURA – Puncak Seruni Point di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Terutama pada liburan panjang seperti libur Hari Raya Idul Fitri.

Sayang, lokasi wisata ini belum dilengkapi dengan area parkir yang memadai. Karenanya, Pemkab Probolinggo berencana menyediakan lahan parkir yang lebih luas di kawasan puncak Seruni Point. Namun, ada sejumlah lahan yang harus dibebaskan.

Kasi Destinasi Wisata Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo Musa mengatakan, wisata puncak Seruni Point belum memiliki lahan parkir yang memadai. Sehingga, akan menjadi persoalan saat pengunjung membeludak.

“Semua kendaraan diperbolehkan masuk ke puncak Seruni Point. Tidak dibatasi hanya mobil jip. Sehingga, saat pengunjung membeludak, masalah lahan parkir terjadi di lapangan,” ujarnya.

Kondisi ini, menurut Musa, membuat pihaknya berencana menyediakan lahan parkir yang lebih luas dan memadai. Beberapa waktu lalu pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyurvei lokasi.

Tujuannya, memastikan lahan parkir yang akan dijadikan tempat parkir jip maupun mobil pribadi milik wisatawan. “Rencananya akan kami bangun lahan parkir. Kami dengan Dinas PUPR sudah lakukan survei,” ujarnya.

Menurutnya, proses penyediaan lahan parkir ini masih panjang. Masih banyak tahapan-tahapan yang harus dilalui. Salah satunya pembebasan lahan yang akan dijadikan jembatan menuju puncak Seruni Point. “Kami siapkan dulu lahannya. Baru setelah itu membahas dan mengajukan anggaran pembangunan lahan parkirnya,” ujar Musa.

Soal konsep lahan parkir yang akan dibangun, Musa mengatakan, direncanakan akan dibuat landscape. Artinya, wisatawan yang berusia lanjut tidak perlu naik ke puncak Seruni Point dengan 256 anak tangga. Cukup melihat dari lahan parkir. “Konsep awal seperti itu. Tapi, semua itu bisa berubah dan menunggu pembebasan lahan dulu,” ujarnya. (mas/rud)