Tersisa 2 Persen Warga Kota Probolinggo Belum Perekaman E-KTP

KANIGARAN – Hingga kini, hanya 2,44 persen warga wajib e-KTP di Kota Probolinggo yang belum ikut perekaman. Mereka pun diimbau segera ikut perekaman.

Total warga kota yang wajib e-KTP mencapai 175.098 orang. Dari jumlah itu, yang belum perekaman sebanyak 4.271 orang atau 2,44 persen.

“Dari 175.098 wajib e-KTP, yang sudah perekaman sebanyak 170.827 atau 97,56 persen. Sedangkan, sisanya 4.271 atau 2,44 persen belum ikut perekaman,” terang Kepala Dispendukcapil Kota Probolinggo Tartib Goenawan.

Tartib menjelaskan, setiap hari jumlah warga yang wajib e-KTP terus bertambah. Itulah mengapa, masih ada warga yang belum ikut perekaman.

“Untuk jumlahnya terus bertambah. Sebab, remaja yang usianya menginjak 17 tahun dan wajib punya e-KTP juga bertambah,” terangnya

Pihaknya pun terus melakukan sosialisasi. Sehingga, warga yang belum ikut perekaman, bisa segera ikut. Secara keseluruhan menurutnya, warga yang paling banyak belum ikut perekaman dari Kecamatan Kanigaran dan Mayangan. Sebab, penduduk di dua wilayah itu memang paling banyak.

Tartib menambahkan, selama ini kota tidak pernah kekurangan blangko. Karena itu, warga tidak perlu khawatir kehabisan blangko.

“Untuk blangko kami selalu siap. Kami kan sudah menghitung jauh hari sebelumnya. Yang usianya masuk 17 tahun berapa misalnya. Jadi, kapan butuh tambahan blangko, kami suda mencatat. Bahkan, minimal tinggal seribu saja, kami langsung ambil ke pusat,” terangnya. (rpd/hn)