Probolinggo Timur Tawarkan Pesisir Pantai

KABUPATEN Probolinggo juga siap menyambut wisatawan di libur Lebaran. Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) setempat, bahkan menyiapkan acara hiburan di tempat wisata andalan.

Banyak tempat yang bisa dijajal di Kabupaten Probolinggo, tak hanya di dataran tinggi. Belakangan, wisata pesisir pantai menjadi destinasi pendukung Bromo. Seperti Pantai Duta, Pantai Bohai, atau Pantai Bentar yang sudah lebih banyak dikenal. Di Pantai Bentar ini pula bakal disajikan hiburan musik.

Namun, Bromo tetap menjadi wisata yang selalu dikunjungi, termasuk spot lainnya seperti Seruni Point. Destinasi wisata yang sejalur dengan wisata Bromo itu memang kerap terjadi kemacetan jika liburan. Namun, Disporaparbud sudah menyiapkan rekayasa lalin.

“Rekayasa lalin dengan memasang garis tengah di sepanjang jalur Ngadisari hingga ke Jetak. Itu, cukup efektif untuk mengurai kemacetan,” katanya.

Mengenai destinasi wisata yang ekstrem seperti halnya Madakaripura, Musa mengatakan, akan ada tim khusus yang disiagakan. Itu, pihaknya berkoordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Tujuannya, agar menyiagakan tim rescue. (sid/fun)