Kotak Suara Almunium Bakal Dilelang, Dihargai Rp 16 Ribu

MAYANGAN – KPU Kota Probolinggo telah mengajukan lelang pada ribuan kotak suara aluminium sejak Desember 2018. Namun, sampai saat ini kotak suara aluminium itu belum berhasil dilelang.

“Sampai sekarang belum berhasil dilelang. Tapi, kami sudah mengajukan persetujuan ke KPU RI tentang harga baru untuk lelang kotak suara aluminium,” ujar Ahmad Hudri, ketua KPU Kota Probolinggo.

Harga lelang untuk kotak suara aluminium awalnya Rp 22 ribu per satu kotak suara. Namun, dengan persetujuan KPU RI akhirnya diturunkan menjadi Rp 16 ribu per kotak suara.

“Dengan harga Rp 22 ribu per satu kotak suara, belum berhasil dilelang. Akhirnya, diturunkan jadi Rp 16 ribu. Tapi, ini belum masuk lagi ke KPKNL,” ujarnya.

Sebagai informasi, KPU Kota Probolinggo melelang sekitar 2.000 kotak suara aluminium melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Kotak suara aluminium ini digunakan sejak Pemilu 2004.

Dengan adanya peraturan penggunan kotak suara yang transparan, membuat kotak suara aluminium tidak lagi digunakan. Sehingga, KPU RI menginstruksikan kepada KPU kota/kabupaten untuk melelang kotak suara aluminium.

Lelang ini hanya berlaku untuk kotak suara aluminium. Sedangkan untuk bilik suara tetap digunakan saat perhelatan Pemilu 2019. (put/hn)