Dewan Terpilih di Kab Probolinggo Bakal Digaji Rp 30,2 Juta

PROBOLINGGO – Calon legislatif (caleg) terpilih dalam Pileg 2019 belum ditetapkan waktu pelantikannya. Walau demikian, pemerintah daerah sudah menyiapkan alokasi anggaran untuk gaji wakil rakyat tersebut.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo telah menyiapkan alokasi penghasilan (gaji) terhadap caleg terpilih. Nilainya pun cukup menggiurkan karena mencapai puluhan juta rupiah.

Begitu mereka dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, sejak itulah mereka akan mengantongi penghasilan tiap bulannya sekitar Rp 30,2 juta. Gaji itu belum termasuk penghasilan tiap kali kunjungan kerja (kunker). Pasalnya, tiap kali kunker ke luar kota, tiap harinya dapat uang saku sekitar Rp 1,5 juta.

”Anggaran untuk gaji atau tunjangan para anggota dewan baru yang terpilih Pemilu 2019, sudah kami siapkan,” kata Santiyono, kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo.

Saat dikonfirmasi, Santiyono mengatakan, gaji dan tunjangan anggota dewan sudah diatur sesuai peraturan. Dimana, gaji dan tunjangan dewan itu masuk dalam anggaran belanja tidak langsung di sekretariat DPRD.

Take home pay tiap anggota dewan di Kabupaten Probolinggo dalam sebulan berdasarkan perhitungan, sekitar Rp 30,2 juta,” ungkapnya.

Disebutkannya, seorang anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dapat mendapatkan gaji hingga Rp 30,2 juta itu karena ada banyak tunjangan yang melekat. Padahal, jika dibedah, gaji pokok seorang anggota dewan hanya berkisar Rp 1,5 juta yang merupakan uang representasinya.

“Yang paling besar adalah tunjangannya sebagai anggota dewan. Nilainya jika ditotal mencapai Rp 28,4 juta per bulannya. Itu, belum termasuk anggaran kunker yang jumlahnya lumayan besar,” akui Santiyono.

Gaji dan tunjangan anggota dewan itu, dikatakan Santiyono, diberikan tiap awal bulan. Namun, untuk anggota dewan yang baru terpilih, tetap menunggu awal dilantiknya. Setelah itu, baru dibayarkan gaji dan tunjangannya. ”Untuk pembayarannya kami tunggu setelah dilantik,” ujarnya.

Sejauh ini, sebanyak 50 dewan di Kabupaten Probolinggo masih menunggu pelantikan. Rencananya, pelantikan dewan bakal digelar Agustus mendatang.

”Kalau soal pelantikan masih jauh, Mas. Karena penetapan caleg terpilih saja masih baru akan dilakukan tiga hari setelah 1 Juli,” kata Lukman Hakim selaku ketua KPU Kabupaten Probolinggo.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kabupaten Probolinggo Retno belum dapat dikonfirmasi. Saat dihubungi via telepon, selalu nada sibuk. (mas/fun)