Cegah PSK Baru, Satpol PP Siapkan Operasi Yustisi, Diprioritaskan di Kecamatan Ini

PRIGEN – Pemkab Pasuruan bakal menyiapkan operasi yustisi. Operasi ini untuk menekan datangnya penduduk gelap yang datang dan masuk ke Kabupaten Pasuruan, utamanya setelah Lebaran terjadi.

DIAWASI: Gerbang menuju Prigen yang masuk dataran tinggi. Kawasan ini menjadi pantauan Satpol PP usai Lebaran nanti. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Operasi yustisi ini juga memiliki tujuan di kawasan tertentu. Semisal di Kecamatan Prigan maupun Pandaan. Dua kecamatan ini kerap dipenuhi orang baru tiap kali usai Lebaran.

Rencananya, operasi yustisi ini digelar usai libur Lebaran. Operasi ini juga diharapkan bisa meminimalisasi munculnya pekerja seks komersial di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Rencana operasi yustisi itu disampaikan langsung Kasi Tibum Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasuruan Ajar Dollar. “Sama dengan tahun–tahun sebelumnya, usai Lebaran kami akan gencar operasi yustisi. Prioritasnya di Kecamatan Pandaan dan Prigen,” tegasnya saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo via telepon.

Dalam pelaksanaan di lapangan, instansinya tidak sendirian. Tapi, juga melibatkan Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan, pemerintahan kecamatan, serta desa atau kelurahan setempat.

“Adapun target sasarannya adalah para penghuni indekos, kemudian wisma, dan lainnya,” kata Ajar sapaan akrabnya.

Mengingat ledakan penduduk di kabupaten ini juga menjadi atensi instansinya. Utamanya datangnya para penduduk dari luar daerah dan menetap di kabupaten ini, dengan pekerjaan yang tidak jelas.

“Nanti saat kami datangi satu per satu indekos dan wisma, harus menunjukkan KTP asli. Juga izin tinggal atau laporan dari RT dan RW setempat. Apabila tidak bisa menunjukkan, maka diproses sesuai ketentuan,” ucapnya. (zal/fun)